CARA INSTALL ADEMPIERE

Halo halo guys.. masih ingat saya... , kali ini saya mau berbagi ilmu tentang adempiere , huft deh, adempiere itu dulu pas waktu kuliyah masuk kedalam mata kulah Enterprise resource planning , aduh agak susah
nyebutnya, sesusah itu juga deh mata kuliah ini, ribet banget... langsung saja deh saya jelaskan soal adempiere .

Adempiere adalah proyek yang diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyedikan fungsionalitas sebuah enterprice resource planning (ERP), customer relationship management (CRM), dan suplay chain management (SCM). Proyek ADempiere didirikan bulan September 2006 sebagai tindak lanjut ketidak sepakatan para pengembang compiere dengan perusahaan komersil dibelakangnya : Compiere inc. Pengembang proyek ADempiere adalah murni open source menggunakan kode basis seputar proyek compiere.

Secara Kegunaan Adempiere adalah program aplikasi ERP (Enterprise Resource Planinng) berbasiskan open source yang merupakan turunan dari Compiere. Karena Compiere sudah mulai sedikit bergeser ke arah berbayar sehingga muncul Adempiere sebagai wujud pengganti berbasiskan open source.
Nama “adem” berasal dari bahasa Itali dengan arti untuk memenuhi (to fulfill) tapi dalam hal ini memberi makna lebih luas yakni menyelesaikan (to complete), pencapaian (reach), pelaksanaan/berlatih (practice), menampilkan kemampuan/kewajiban (perform the duties of), atau tanpa biaya (free) ini juga berarti penghargaan dan penghormatan.

Ada beberapa catatan dan trik khusus berdasarkan pengalaman kami dalam instalasi Adempiere di Sistem Operasi Windows 8 64 bit karena dari beberapa referensi petunjuk instalasi dari situs internet yang menerangkan langkah proses instalasi Adempiere belum ada penekanan khusus akibat dari kegagalan proses instalasi Adempiere. Siapkan dulu program instalasi
 
1. Adempiere 370_LTS (Adempiere 370LTS)
2. jdk-6u31-windows-x64.exe (Java JDK 1.6)
3. Oracle database 11g Expres Edition, versi gratisnya (Oracle XE 11g)
Kami menggunakan database oracle karena pernah menggunakan Postgresql selalu gagal dalam proses intalasi. Berdasarkan pemahaman kami postgresql belum terdukung secara penuh dengan Windows 8. Akhirnya kami mencoba menggunakan oracle 11g Expres Edition dan berhasil.

Pertama yang harus dilakukan dalam proses instalasi Adempiere adalah :
1. Instalasi Java JDK 1.6
2. Instalasi Oracle 11g Expres Edition
3. Extrack Adempiere 370_LTS di C:\Adempiere.
Sampai tahap proses instalasi ini biasanya berjalan lancar karena proses berjalan sesuai instruksi defaultnya. Yang perlu diperhatikan adalah ketika memasukan password oracle, jangan lupa harus diingat karena password tersebut akan digunakan di proses setting Adempiere.

Langkah Selanjutnya adalah :
1. Membuat path pertama kali apabila belum ada pathnya di Enviroment variables, di system variables yang ada disetting properties windows 8 untuk path java, sehingga bisa running ketika proses setting Adempiere. Variables name : Path, Variables value : C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_31 (jika sudah ada pathnya secara otomatis di windows 8 akan terbentuk sendiri)
2. Membuat new Path java di system variables, Variables name : JAVA_HOME, Variables value : C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_31
3. Membuat new path adempiere di system variables, Variables name : ADEMPIERE_HOME, Variables value : C:\Adempiere

Setelah proses setting path langkah selanjutnya adalah proses instalasi adempiere :
1. Buka file C:\ C:\Adempiere\run_setup.bat
Biarkan dalam keadaan default, kecuali masukan DB Admin Password : ... (sesuaikan ketika mengisi password sewaktu instalasi Oracle).
Masukan Database Password : adempiere, pastikan bahwa database type adalah oracle. Selanjutnya lakukan test dan save.
Berikut adalah gambar Adempiere Server Setup.
h.png
2. Langkah selanjutnya adalah proses instalasi import database adempiere ke oracle di C:\Adempiere\utils\RUN_ImportAdempiere.bat. Setelah proses import database adempiere selesai.
3. Lanjutkan dengan proses Run Server adempiere di C:\Adempiere\utils\RUN_Server2.bat.
4. Buka File C:\Adempiere\Run_Adempiere.bat
  
Sehingga seperti gambar dibawah ini :
2.png
Selanjutnya Click server sehingga seperti gambar dibawah ini :
3.png


Click test database sampai muncul tanda centang warna hijau selanjutnya centang kembali yang berwarna hijau sampai muncul aplikasi Adempiere berikut :
4.png




Produk Kami Lainnya :

Diberdayakan oleh Blogger.
 
ibs(idblogsite)
Copyright © 2013. iNDOTOKO Template Allright reserved.